Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Blog Post

Warga Candinata Dibekali Pelatihan Pembuatan Sapu
Kecamatan Kutasari, Kegiatan

Warga Candinata Dibekali Pelatihan Pembuatan Sapu 

PURBALINGGA, INFO- Untuk meningkatkan pendapatan dan kapasitas pemberdayaan masyarakat, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Purbalingga mengadakan pelatihan teknik produksi bagi warga Desa Candinata Kecamatan Kutasari. Hal tersebut disampaikan Kasi Agro Dinperindag Purbalingga, Budi Baskoro saat menyampaikan laporan kegiatan tersebut, Selasa (26/2) di Balai Desa Candinata.

Budi mengatakan, pelatihan tersebut bertujuan agar masyarakat Candinata mendapat ketrampilan untuk berwirausaha. Menurutnya, wirausahakerajinan sapu menjadi peluang yang menjanjikan karena sapu Purbalingga sudah mempunyai gaung di pasaran.

“Kami mengadakan pelatihan produksi sapu glagah agar sebaran pengrajin sapu merata dan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat,” kata Budi.

Hal senada juga disampaikan Pandi, Sekretaris Dinperindag Purbalingga. Pandi berujar, sejauh ini sentra pembuatan sapu masih berpusat di Kecamatan Karangreja dan Karangjambu. Dia berharap ke depan Candinata juga memunculkan pengrajin-pengrajin yang potensial yang siap bersaing.

“Kami harap tidak hanya ada di Karangreja dan Karangjambu. Semoga dengan adanya pelatihan ini akan ada pengrajin bahkan pengusaha sapu dari Candinata,” ujar Pandi.

Pandi menambahkan, sapu glagah Purbalingga yang didominasi dari Karangreja dan Karangjambu sudah bisa merambah ke pasar ekspor asia timur seperti Korea. Dia memotivasi 25 peserta yang hadir untuk bersemangat menyamai capaian pengrajin sapu di dua Kecamatan tersebut.

“Pemuda-pemuda Candinata berkarya saja di Desa sendiri dan tidak usah keluar. Pangsa pasar sudah sangat menjanjikan bahkan hingga ke korea,” tuturnya.

Pelatihan tersebut diadakan dari tanggal 26-28 dari lima Dusun yang ada di Candinata. (KP-4).

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *